Minggu, 20 Januari 2013

Keunikan wisata alam Lampung





                               Salah satu pemandangan pantai Laguna Helau Resort



Kata siapa kalo lo tinggal di Lampung atau jalan-jalan ke Lampung itu ngebosenin karna ga ada tempat buat ngabisin liburan yang asik. Please deh, itu cuma lo karna lo ga tau potensi wisata alam apa yang ada di Lampung, so gw bakal membahas lapak liburan di Lampung yang beneran bisa bikin liburan lo jadi asik cetar membahana.

Nah jadi ceritanya Lampung ini menurut gue adalah salah satu daerah yang memiliki tempat wisata terlengkap. Lo mau apa aja disini ada, mulai dari wisata alam, wisata malam, wisata belanja, sampe wisata esek-esek *oops!* hehehe :P (oke balik ke garis yang sebenernya)

Jadi Lampung ini sebenernya ga kalah dengan keren sama daerah laen yang biasa jadi tempat wisata, kaya Jakarta atau Bali, Cuma karna kurang pengetahuan dan eksploitasi dari warga Lampungnya sendiri, dan kurangnya perhatian dari Pemerintah Provinsi.
Buat lo semua yang hobi dengan wisata alam and adventure, Lampung adalah tempat yang paling cocok buat muasin nafsu akan hobi-hobi lo itu. Tanah Lampung yang berada di paling ujung barat pulau sumatra ini di anugerahi kondisi alam yang konturnya dahsyat.



                 
             Poto bareng tim ekspedisi Gunung Pesagi (2180 mdpl) MATALAM Unila


Potensi Wisata alam lampung, bener-bener lengkap, dan jarang ada daerah di sudut Indonesia tercinta ini yang karna kondisi alamnya sampe memiliki potensi alam yang lengkap. Mulai dari dataran tinggi, dataran rendah, gunung,  pantai, teluk, tanjung, sungai, air terjun, pokoknya semuanya ada.

Gue bukan mau ngebokis, ini beneran loh. Sumpah !!

Nih buktinya:
Kalo lo mau liburan ke tempat yang dingin-dingin dan pengen udara pegunungan yang seger berikut wangi hutan tropisnya buat ngerefresh pikiran kaya daerah Bandung atau Puncak, lo bisa maen ke daerah Lampung Barat (Liwa, Belalau, dll). Daerah Lampung paling barat ini emang memiliki iklim yang sejuk, karna daerah ini adalah daerah pegunungan dengan lembah dan bukit-bukit yang mempesona mata lo karna masih termasuk dalam Pegunungan Bukit Barisan. Sebagian Besar wilayah Lampung Barat masih berupa hutan, dan sebagiannya lagi adalah tanah garapan masyarakat yang isinya tentu saja KOPI !! Ya, soal suasana di Bandung dan di Puncak tadi, Lampung Barat memiliki banyak persamaan, Cuma bedanya di sini ga ada kebon teh, yang ada ya KEBON KOPI.



                              Pemandangan alam PLTU  Sastang Lampung Utara


Di Lampung Barat lo bisa maen dapetin track Motor Cross yang bener-bener akan menguji nyali lo, Gunung Pesagi tanah paling tinggi di Lampung yang bermisteri dengan track pendakian (bener-bener ngedaki ya bukan jalan nanjak) yang ekstrim karna lo bakal manjat-manjat akar pohon purba buat sampe puncak (gak kaya gunung jawa ya, yang masih bisa jalan), hiking dan camping di hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang masih banyak gajahnya. Nah tinggal lo mikir aja gimana asiknya ngabisin liburan di Lampung Barat. Lo ga bakal Cuma dapetin udara segar pegunungan atau suasana yang adem doang, tapi lo juga bisa dapet petualangan yang asik, belum lagi di tambah sama legenda-legenda masyarakat dan situs-situs sejarah yang ceritanya aneh, kaya Bongkah Batu Kebayan, batu yang katanya di malem tertentu bisa nangis (lok. desa Batu Kebayan). So buat yang suka ama yang misterius gitu, daerah ini yang paling cocok.

Lanjut!

Nah kalo tadi gue cerita soal gimana liburan di bagian Lampung yang dingin-dingin sekarang gue bakal lanjut buat ngasih info wisata laennya di lampung. Kali ini gue bakal ngasih tau ke elo semua yang hobi petualangan bawah laut a.k.a snorkling dan diving.

Jangan kira Lampung ga punya potensi taman bawah laut yang eksotis buat di nikmati. Buat yang berdomisili di Indonesia Bagian Barat, jangan sedih dan jangan risau kalo lo pengen banget menikmati wisata bawah laut tapi gak punya duit buat nyebrang ke wilayah Indonesia tengah ama timur, Lampung memiliki potensi taman bawah laut yang eksotisnya gak kalah sama Bunaken Atau Raja Ampat. Contohnya aja kaya Tanjung Setia yang indah taman lautnya udah kedengeran sampe luar Indonesia, Tanjung Putus, Pulau Pahawang, Pulau Tegal, Kelagian dan pulau-pulau di Lampung yang lainnya yang punya ke eksotisan sendiri-sendiri.


          Pemandangan bawah laut Pulau Pahawang - Dokumentasi Lampung Snorkel





              
                  
          Pemandangan bawah laut Pulau Kelagian - Dokumentasi Lampung Snorkel





Pemandangan bawah laut Tanjung Putus - Dokumentasi Lampung Snorkel



            

           Pemandangan bawah laut Pulau Tegal - Dokumentasi Lampung Snorkel





Lagian fasilitasnya juga amat mendukung, lo bisa banyak nemuin provider trip snorkling di Bandar Lampung kaya Lampung Snorkel dan Load Edutourism. Dua provider trip wisata bawah laut ini salah satu contoh dari guide yang bisa lo pake buat bikin puas keinginan lo untuk menikmati indahnya taman bawah laut di Lampung.  Mereka sering ngadain trip-trip perjalanan wisata pantai dan bawah laut yang gue jamin kemasannya ngga bakal ngebosenin. Selain sambutan dari punggawa providernya yang hangat dan humble abis, yang bisa bikin lo betah adalah disini lo bisa banyak belajar tentang biota laut, ikut nanem terumbu karang, sesi poto bawah laut, maen-maen ke taman koral buatan, belajar nembak ikan, sampe ikutan ngumpul manggang ikan dan makan bersama ama peserta laennya, nah loh apa ga berasa jalan ama keluarga sendiri tuh.



                                      Garden Coral - Made by LOAD Edutourism





Sedikit cerita aja ya, ini bukan promosi juga. Berhubung dua co-founder provider trip ini gue kenal deket jadi gue tau persis apa aja yang bakal lo dapetin selama ikut dengan mereka. Lo juga bisa dapet temen atau sodara baru setelah ikut trip disini, berhubung pesertanya dari berbagai background profesi yang berbeda, lo juga bisa nambah relasi atau minimal tuker ilmu dengan peserta lainnya diluar dari kegiatan snorkling.

Kalo soal keamanan, apa lagi buat lo cewek-cewek nih jangan khawatir. Di Lampung Snorkel dan LOAD Edutourism banyak cowok-cowok ganteng yang siap dengan sukarela ngejagain elo-elo pada, sekaligus bakal nunjukin spot-spot nyelem paling wahid. Nah, kurang profesional apa lagi coba tuh.

               Pemandangan bawah laut Kelagian - Dokumentasi Lampung Snorkel








Jadi udah deh, ga usah bingung kalo liburan di Lampung ga tau harus kemana. Tinggal lo tentuin aja mau liburan gaya apa, dan dengan budget berapa. Calling gue, siapa tau gue bisa kasih recommend tempat-tempat yang yahud, ya ga ??

Oke, laen kali kita sambung lagi ya ceritanya, so kenali trus cintai tanah Lampung kita, kalo kata Pak Udin Lamun mak gham sapa lagi, lamun mak ganta kapan lagi (kalau buka kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi-red)



 SEE YAA !!! :) 

1 komentar: